Tips Merawat Motor Matic Dengan Baik

Tips Merawat Motor Matic Dengan Baik

Penggunaan motor matic di Indonesia memang semakin banyak. Tidak hanya perempuan, laki- laki pun juga menggunakan. Maka tidak heran, pasaran motor matic juga merajai. Sehingga banyak dari pabrikan motor yang berlomba – lomba memasarkan motor matic mereka.

Namun sayangnya masih banyak yang melalaikan perawatan motor matic, terlebih bagi perempuan. Perlu diketahui bahwa baik motor matic baru atau bekas juga memerlukan perawatan. Berikut tips motor matic dalam hal perawatan.

Jangan lupa memanaskan motor setiap pagi

Memanaskan mesin motor menjadi cara untuk merawat mesin motor. Hal ini dilakukan juga untuk membuat oli yang ada di dalam mesin bisa siap dalam melumasi mesin. Dengan begitu, performa mesin juga akan lebih optimal.

Untuk motor matic sendiri setidaknya, harus dipanaskan 5 hingga 10 menit setiap paginya atau sebelum digunakan. Dalam menghidupkan lebih baik menggunakan kick starter. Apabila menggunakan electric starter akan mengurangi baterai tersebut lebih banyak.

Lakukan penggantian oli secara berkala

Mengganti oli secara berkala merupakan tips motor matic agar awet. Biasanya pergantian oli dilakukan setelah motor melakukan perjalanan setiap 1000 km. Sedangkan, untuk oli gardan khusus motor matic dilakukan setelah 5000 km perjalanan. Pastinya, Anda lupa akan acuan kilometer dalam mengganti oli. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melakukan pergantian setiap 2 atau 3 bulan sekali secara rutin.

Hindari bensin hingga habis

Kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah motor matic sering kehabisan bensin. Padahal hal ini bisa merusakan mesin motor. Maka dari itu, jangan sampai dalam perjalanan Anda berhenti karena bensin yang habis. Terlebih lagi pada motor matic dengan sistem injeksi.

Maka dari itu, selaku pastikan bahwa bensin Anda memenuhi sebelum melakukan perjalanan. Apabila jarum indikator mulai menunjuk E langsung isi bensin hingga full untuk antisipasi.

Perhatikan kondisi roler dan vanbelt

Memeriksa bagai vanbelt menjadi hal penting dalam tips motor matic. Vanbelt sendiri merupakan bagian yang terbuat dari karet. Pemeriksaan dilakukan sebelum perjalanan untuk meminimalisir putus ditengah jalan dan mengakibatkan motor tidak berjalan lagi.

Apabila memang harus memungkinkan untuk diganti, lebih baik menggantinya dengan suku cadang yang original. Dengan begitu, motor matic akan lebih awet.

Perhatikan bagian aki

Untuk memperhatikan bagian aki bukan perkara yang mudah untuk pemilik motor matic. Maka dari itu, kebanyakan pemilik motor matic banyak yang mengalami mati aki. Aki yang mati akan menyebabkan adanya cahaya lampu yang redup dan power motor juga berkurang. Bahkan yang paling terburuk adalah untuk stater motor akan membutuhkan tenaga yang lebih dalam menghidupkannya. Pasalnya, Anda harus menggunakan kick starter yang alot. Maka dari itu, lebih baik, pengganti aki lebih diganti setiap 7 hingga 8 sekali.

Jaga kestabilan gas

Kebanyakan pengendara motor matic mengendarai motornya dalam kecepatan yang tinggi, kemudian tiba – tiba gas diturunkan begitu saja, begitu sebaliknya. Tips motor matic dalam mengendarai lebih baik jaga kestabilan gas. Pasalnya, kebiasaan tersebut tanpa disadari akan memperpendek umur mesin motor matic. Bukan hanya bagian mesin motor saja, tapi juga bagian vanbelt akan mengalami masalah.

Lakukan service rutin di bengkel

Apabila Anda super sibuk, perawatan motor matic pada bengkel menjadi hal yang perlu dilakukan. Biasanya perawatan di bengkel meliputi pembersihan karburator, pergantian oli dan setting motor. Selain itu, Anda juga perlu menanyakan apakah aki yang ada pada motor And masih layak digunakan atau tidak.

Bagian vanbelt dan roller juga perlu dilakukan pergantian. Lakukan perawatan di bengkel setiap 3 bulan sekali untuk membuat performa motor matic Anda tetap seperti baru dan selalu lancar. Lagipula, teknisi bengkel akan mengerti apa apa saja yang harus diganti atau dilakukan perawatan.

Pakai bensin berkualitas

Tips motor matic dalam hal perawatan sebenarnya tidak susah. Cukup dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Hindari penjual bahan bakar yang menjual bensin campuran. Pasalnya, kualitas bensin yang diberikan akan mempengaruhi performa mesin motor Anda. Maka dari itu, lebih baik mengisi bensin pada tempat yang terpercaya, seperti pom bensin. Apabila mendesak perlu hati – hati membeli bensin di pinggir jalan.